Selasa, 08 Februari 2011

Menikmati Nikmatnya Nasi Liwet Solo


Dari capek jalan-jalan kita ke kuliner yuk !! yah menyalurkan hobby kami bertiga Ibnu Nurkholis, Fikri Azka yang suka dengan makan. Dari jalan-jalan mengitari Kota Solo akhirnya kami berhenti di tempat yang sangat sederhana dan berada di daerah Solo Baru, Sukoharjo yang tentunya masih di karesidenan Surakarta. Kami begitu tertarik mdengan penjaja kaki lima yang hanya buka setiap di atas jam 8 malam, yapp yaitu Sego Liwet a.k.a Nasi Liwet.
Nasi Liwet adalah nama salah satu makanan yang cukup populer di kalangan masyarakat Kota Solo, yah sebagian juga beranggapan belum berkunjung ke Kota Solo kalo belum nyobain makanan ini. Nasi Liwet adalah sebuah makanan yang berisi Nasi Putih yang di masak pulen, kemudian di guyuri dengan sayur sambal goreng Japan (indonesianya :  Labu Siam), Kumut yang berasal dari santan dan telur yang di campur jadi satu, Telur dadar tapi bukan di goreng, melainkan di kukus (rebus) sehingga membuat Nasi Liwet menjadi sedikit berbeda nah yang terakhir di atas nasi itu di beri Opor Ayam yang di siwir-siwir tapi pembeli juga bisa minta utuh dan yang suka daging ayam bisa di ganti dengan telur rebus yang tentunya juga di bumbu opor. Nah yang bikin lebih khas lagi Nasi Liwet ini tidak di sajikan menggunakan piring tapi menggunakan daun pisang yang di bentuk seperti tempat makan (di pincuk) serta tidak menggunakan sendok, melainkan menggunakan Suruh (sendok dari irisan daun pisang). Menikmatinya pun lebih enak bila di sajikan bersama Karak (Kerupuk Nasi) dan secangkir Teh Anget (Teh Hangat).
Hrganya pun tidak begitu mahal mulai dari 5000 rupiah anda sudah bisa mendapatkan satu porsi Nasi Liwet. Nah jangan lupa ya kalo berkunjung atau liburan ke Kota Solo mampir ke daerah Solo Baru kalo malam hari atau di daerah Manahan di hari minggu pagi untuk menikmati makanan ini. Selamat mencoba ^_^

0 komentar: