Senin, 22 November 2010

Menilik Kuliner di Daerah Manahan Solo, Jawa Tengah


Hmmmm.....!!! sepertinya saya sudah lama tak curhat di Blog saya ini maklum ada sedikit kesibukan yang kian lama kian meningkat !!! hehe ( Lebay ).
Yah saya akan memperkenalkan salah satu daerah di sudut Kota Solo yang cukup menarik bagi anda yang suka berwisata kuliner atau sekedar mencicipi makanan khas Kota Batik ini.
Manahan adalah sebuah nama Kelurahan yang berada di Kecamatan Banjarsari Surakarta. Yah daerha ini mulai sedikit di kenal oleh masyarakat Indonesia di karenakan di sini terdapat sebuah GOR yang di dalamnya terdapat Stadion yang cukup sering di gunakan untuk pertandingan Sepak Bolo baik Lokal maupaun Nasional. Namun yang ingin saya bahas di sini bukan itu melainkan jalan-jalan di sisi GOR ini yang sangat menarik untuk di kunjungi jika anada gemar ber wisata Kuliner. Tepat berawal dari depan pintu utama GOR ini dan memutar hingga pintu belakang GOR terdapat penjual makanan dari yang tingkat steril nya bagus hingga yang diragukan. Namun lebih baik jika anda langsung menuju ke pintu belakang ( depan Kolam Renang Tirtomoyo ) di situ terdapat penjaja makanan yang lebih aman tingkat kebersihannya. Dari paling awal anda akan di suguhi warung-warung makan seperti : Timlo Solo, Rawon Solo hingga Pecel Solo, kemidian jika anada meneruskan berjalan anda akan di suguhi tempat Penjual Es Kelapa Muda fdan Penjual Es Jus ( Juice ) yang lebi sering di kerumini oleh anak-anak Sekolah dan para Mahasiswa. Namun bukan hanya itu anda juga akan menemukan para Ibu-Ibu yang menjual jajanan pasar seperti Arem-arem, Martabak , Semar mendem hingga Kue Lapis. Kemudian jika anada berjalan terus kedepan nya anda akan menemukan penjual Es Dawet dan Es Gempol pleret minuman khas Kota Solo dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu di sini juga ada penjual aneka makanan kecil ( cemilan ) yang beragam dari yang tradisional hingga modern. Nah jika anda berkunjung ke Kota Solo jangan lupa untuk bersinggah sebentar di Manahan ^_^  

0 komentar: